h1

Batagor SD Priangan

December 21, 2007

Sekali-sekali nulis yang ringan-ringan ah…

Wisata Kuliner kali ini akan mencoba makanan khas Bandung yaitu Baso Tahu Goreng atau yang biasa disingkat Batagor. Nah Bos! Buat elu elu pade yang orang Jakarte, yang katanya gaul n asik, yang selalu menuhin Bandung tiap wiken, yang selalu bikin macet Bandung pas libur panjang, yang selalu nyari pendidikan terbaik di ITB atau UNPAD, yang selalu menuhin kost-kostan di Dago dan yang setidaknya udah nambahin pundi-pundi PAD pemkot Bandung, belum lengkap rasanya ke Bandung kalau belum nyobain Batagor khas kota kembang ini.

Sejarah keberadaan batagor ini sebenarnya cukup misterius. Terus terang saya sendiri tidak terlalu tahu kapan dan dari mana makanan yang berkategori sebagai makanan ringan ini ditemukan. Mana yang lebih dulu muncul antara baso tahu basah dan baso tahu goreng? Hanya saja Bandung memang merupakan sentra batagor-batagor lezat setidaknya dari seluruh pulau jawa dan sekitarnya. Dan sebagai urang Bandung asli, batagor sudah merupakan makanan favorit saya bersama keluarga.

Di Bandung, setidaknya sudah ada dua resto Batagor yang paling terkenal bagi mereka yang bukan berdomisili di Bandung atau those outsiders bastards (Bcanda! Hehehe…). Yang pertama adalah Batagor riri yang terletak di Jl. Burangrang dan Batagor Kingsley yang terletak di Jl. Veteran. In term of taste, kedua batagor ini yah somewhat okelah kalo melihat dari kualitas bahan-bahan mentah yang mereka pakai. Selain itu, bagi mereka yang selalu concern dengan higienitas makanan maka kedua batagor ini patut direkomendasikan.

Tetapi bagi saya, pengamat batagor (WAE!!), kedua batagor di atas bukanlah batagor dengan rasa terbaik di Bandung. Selain harganya terlampau mahal, bumbu yang digunakan pun tampaknya hanya kacang biasa yang sudah diperhalus ditambah sedikit kecap manis seadanya. Simple and clean I must say! But damn way too expensive! Faktor itulah yang membuat saya tidak menyukai batagor Riri dan Kingsley.

13122007333.jpg

Satu-satunya gerai batagor di Bandung yang paling saya sukai terletak di SD Priangan di Jl. Baros, Cilaki. Sebenarnya batagor versi home industry ini telah berdiri sejak saya duduk di bangku SD Priangan ini. Batagor kampung yang rasanya tetap konsisten sejak dulu dan saya belum menemukan batagor dengan rasa khas yang sama di tempat-tempat lain. Wajar karena si pemilik batagor yang bernama Mang Udin ini meracik bumbu-bumbunya sendiri dan tidak memiliki cabang di tempat lain.

13122007335.jpg

Meskipun batagor yang dimasak adalah sejenis batagor kampung yang size-nya tidak sebesar Riri atau Kingsley namun kerenyahan dan rasa gurihnya tidak kalah dibandingkan dengan keduanya. Racikan bumbu rahasianya ditambah kecap manis tentu dapat membuat siapa pun ketagihan untuk mencobanya lagi. Selain itu, harganya yang reasonable pun memberikan nilai tambah tersendiri bagi batagor ini. Satu batagor hanya dihargai Rp. 700,00! Bandingkan dengan batagor Kingsley yang mencapai Rp. 4000,00!

Sayangnya si mang Udin bersama gerobak batagornya hanya beroperasi weekdays dari pagi hingga siang hari atau setelah anak-anak SD Priangan bubaran sekolah. Para pelanggan setianya yang kebanyakan para orang tua yang menunggu anak-anaknya pulang sekolah biasanya telah memesan habis batagor ini untuk dibawa pulang. Setelah itu si Mang Udin pun pulang dengan senyum setiap harinya.

13122007334.jpgUntuk info selengkapnya tentang batagor SD Priangan ini dapat dilihat di situs pribadinya yaitu http://www.batagormangudinlezat.co.id/. Tapi tentu saja situs itu tidak akan pernah ada karena Mang Udin tidak pernah berniat meng-expand bisnis batagornya ini meskipun dia tahu kalau dagangannya memiliki potensi untuk mengalahkan Riri dan Kingsley. Ketika ditanya mengenai hal ini jawabannya cukup jujur : “Hoream ah!”. Yup! Mang Udin adalah tipe orang yang sudah cukup bahagia dengan apa yang dia raih selama ini dan tidak perlu berinvestasi lebih jauh untuk mendapatkan kebahagiaan itu. Tipe orang sederhana yang tidak perlu keluar dari comfort zone-nya untuk bertahan hidup.

Bahkan ketika terimbas inflasi ekonomi dan Mang Udin terpaksa harus menaikan harga batagornya, para pelanggan setianya pun tidak pernah complaint karena yah batagor SD Priangan memang worth it!

26 comments

  1. hoeee… aku anak SD Priangan.. tapi pada zamanku… sepertinya tidak ada batagor ini…. entah mang udin jualan apa… yang pasti.. hihihih… yang the best memang si Encim yang jualan segala di depan sekolah… dari makanan, jajanan, sampai perlengkapan sekolah dan kerajinan tangan….
    Tapi secara anak aku sekolah di situ… adik2 sepuppu aku juga.. di situ… hehehehe…. batagor ini juga jadi santapan menunggu yang lezaaat. Memang sebagai pengonsumsi di tempat.. kadang ama anak berdua… agak heran liat ibu2 heboh bebekel batagor ini… (secara jiwa ibu2 gw gak ada makanya gak pernah bebekel hihihihihihi)….
    Yang pasti, emang bener kata Arfien.. ini batagor Mak nyozzzz…. enak tenaaan… heuheuuhe….
    apalagi emang kalo laper dan gak sempet sarapan di rumah…. sayangnya anak aku lebih suka nasi kuning di situ daripada berdua ama ibunya makan batagor…. hiks


  2. Pasti! Mak Nyossss….!!!

    Dulu sih katanya Mang Udin jualan es sirop gitu deh sebelum jualan Home-made batagornya.

    n ternyata…sakses!!!


  3. waw, mang bgt….
    batagor sd priangan mang wenak skalee..
    wktu akw msih d priangan,
    akw sring numpang makan tuh di situ
    sama, mya, dani, wah bnyak deh..
    mangkannya, akw ingin batagor sd priangan terus berjaya

    okey..


  4. Aku juga alumni TK-SD Priangan, Sekarang aku dah punya anak 2. yang paling besar duduk di kelas 4 dan yang kecil mau masuk TK. Kedua anakku juga aku masukan ke TK – SD Priangan sebagai penerusku hehehe….

    Siapa sih yang ga kenal mang Udin yang awal mulanya jual es sirop lalu beralih ke batagor, yang dulu harga batagor kecil Rp. 50,- dan batagor besar Rp. 100. Dulu beli krupuk pedes di Encim yg sekarang dah meninggal…

    Lam tuk anak2 SD Priangan….


  5. Salam juga buat alumnus SD Priangan yg lain!

    Semoga Batagor Mang Udin masih terus eksis dengan otentitas rasa dan gerobak sederhananya.


  6. Ooo batagor yg itu ya..


  7. Batagor mang Uding memang top!!!
    Saya alumnus TK-SD Priangan. Dulu saya bela-belain gak jajan di kantin waktu istitahat supaya bisa beli batagor mang udin sepulang sekolah.
    Sekarang saya di Merauke. Kira2 Mang Udin mau gak buka waralaba di sini? di sini gakda yang jual batagor,hiks..
    Untuk Kakak2 n’ temen2,kapan reunian?


  8. Salam buat alumnus SD Priangan, Bandung!Kalo mau beli Franchise Batagor Mang Udin aja di Merauke.Hehehe…


  9. Anak2 alumni angkatan gw pernah reunian…dan si batagor ini jadi topik dong pastinya. Ada ajah yg nanya “Eh tukang batagor masih jualan ga?” haha kadang lucu juga kalo dipikir-pikir soalnya sepertinya kita2 lbh care ama ini batagor drpd guru SD kita dulu haha. Lah gw nih contohnya, sengaja dateng ke priangan untuk makan batagor tp udah lamaaaaa bgt ga sengaja dtg untuk ketemu guru2 gw dulu hihi jd ga enak.
    Sayang gw udah ga bisa lagi makan nih batagor selama gw masih kerja ngurusin pesawat rusak di cengkareng.


  10. Wah temen2 angkatan gw di sd priangan mah ga pernah ngadain reunian. mungkin ada tapi gwnya aja ga tau dan ga pernah nyari tau.hehehe…
    Beli franchise batagor mang udin aja buat di Karawaci bro!pasti laku deh.hehehe…


  11. masa sih?


  12. Reuni Batagor kayaknya nih. Hebat. Sebuah makanan khas Bandung menyatukan sekelompok individu.

    Nice topic, Crot!


  13. Ah sok tau lu Gal! Kayak pernah nyobain aja.Hehehe…


  14. Ya pernahlah. Bini gue kan orang Bandung, Fin.


  15. arghhh… kangen sekalii… jdi kngen sd priangan plus batagornya…


  16. Ah, blogger-nya lagi sibuk nyari kerja. Pantes nggak diupdate.


  17. Sibuk nyari kerja?! Gw udah kerja kali, Brur…!Huehehe…

    Sekarang sibuk nabung buat beli Toyota Prius 2008!InsyaAllah kesampaian. Amin!

    Siapkan aja stoknya, cuy!


  18. emang enak sih batagornya. bumbu kacangnya enak. jadi inget waktu masi SD. o ya yang merasa alumni Priangan 2007 add saya di yahoo messenger namanya Fajare_1995@yahoo.com


  19. Wah ternyata batagor mang udin ada juga heheh, Gua juga alumnus SD Priangan nih, anaknya Ibu Titi yang Waktu Itu Guru Kelas 6, Ibuku masih mengabdikan dirinya untuk pendidikan. sapa yang suka loncat pagar?? gilang, sapa yang suka ganggu anak cw? gilang… sapa yang suka maen nintendo bareng2 di rumah si revi? gilang, fajar, opek, .dll sapa yang jadi preman Gilangg sama gamma. banyak lagi kelakuan waktu sd… kapan reuni akabar? hayu atuh


  20. eh eh…aku juga donggg!! dari jaman TK sampe SD ini jajanan favorit aku!!! nggak pernah nggak beli ini dulu pas masih SD, sekarang, walupun udah kepala 2, teteup aja sih, soalnya adek aku kan kelas 3 SD di Priangan juga (udah berasa sekolah keluarga gini)… dan aku masih suka nyolong batagor priangan yang suka dia beli sama si mbak (maid) yang ngejemput dia gt…
    EMANG ENAK BANGETTT!!!! Mang nya pun apal banget sama aku dan kakak aku… dan sekarang adek aku… hihih…:)


  21. emang enak banget tu batagor gak ada 2 nya!

    walauwpun gwe suka riri , tapi yg paling enak itu batagor mang udin!

    wiihh…
    enak banget itu batagor

    teuteup jadi juara 1! pokona mah!

    eh si mang udin punya e-mail gak ya????


  22. gwe yg adiknya dydi


  23. Gile boo…
    mak nyus kt org2 blg
    nanti gwe kirimin lwt internet ke Wisata Kuliner utk nyobain batagor kesayanganku ini!!!
    wah bisa2 dpt honor bwt bkn toko batagor nih!!!
    baismillah ya!!
    Mudah2an dari penghasilan ini bs jd lebih baik!!
    Amin…


  24. maksudny Bismillah..


  25. Kmaren aku baru makan tu batagor lagi. setelah sekian lama aku ga makan tu batagor.
    Rasanya sih ga brubah.. cuman, yg aku ngerasa beda…
    biasanya kan aku mkn dibungkus atau makan di rumah. Tapi kmaren aku makan di sana makannya aku ngerasa beda.


  26. emangnya tu pade smue orang pernah nyobain gitu??



Leave a Reply

