h1

2+2=5

July 30, 2007

Akhir-akhir ini keinginan untuk menulis sesuatu agak kurang. KOSONG… Entah kenapa. Mungkin karena minggu depan saya akan dihadapkan pada suatu tahap interview di sebuah bank asing yang akan menentukan hidup saya ke depan. Yah seperti menentukan gerbang tol mana yang akan dimasuki untuk membayar tarif tol setelah menempuh perjalanan jauh. Mau pilih yang antreannya pendek tapi perlu uang pas/langganan. Mau pilih yang antreannya panjang tapi kelamaan toh nanti juga macet lagi. Resiko memang tapi apakah jalan yang sudah saya tentukan benar-benar yang terbaik bagi saya?

Beberapa waktu sebelumnya saya dihadapkan pada sebuah kenyataan: selalu gagal dalam psikotest. Sudah hampir 5 kali saya mengikuti ujian psikotest dan selalu gagal. Padahal saya sudah membeli bukunya dan belajar hingga larut malam tapi entah masalah transparansi atau psikologi saya yang rada kacau, selalu berujung pada kegagalan. “Maaf anda kurang beruntung!”. begitu katanya. saya tahu kelemahan saya dalam menghadapi ujian psikotest adalah ujian matematika. Ya! padahal itu adalah matematika umum tetapi saya sudah sejak kelas 4 SD tidak bersentuhan lagi dengan urusan hitung menghitung. call me idiot or retarded but believe me, i’m really bad in mathematics. Eventually, saya berkonsultasi dengan psikolog untuk mengatasi masalah ini dan alhamdulillah psikotest yang terakhir saya lulus walau harus dihinggapi dengan rasa pesimis. Fiuuuhhh…!

Enough with the Psycho test things. yang jelas inilah realitas hidup. Globalisasi dan dunia kapitalisme memang tidak menyediakan tempat bagi mediocre-tipe-orang. Mau tidak mau, suka atau tidak suka itulah realitas hidup saat ini. seorang individu dituntut untuk harus berinovasi dan menyukai hal-hal baru di sekitarnya. Dulu saya cenderung tidak menyukai sesuatu yang baru. saya nyaman dengan keadaan di sekitar saya saat itu atau yang biasa disebut dengan comfort zone. kenyataanya musuh paling utama dalam pengembangan diri adalah kenyamanan kita berada di zona tertentu. akibatnya, saya cenderung tidak mudah bergaul dan berpikiran pendek dengan melihat dunia hitam dan putih semata. tidak banyak orang yang berkata terus terang dengan kondisi saya saat itu karena rata-rata teman saya pun memiliki sifat yang hampir sama dengan saya. mungkin karena mereka memiliki masalah prinsip atau patuh akan dogma tertentu. apa yang membuat saya berubah adalah kebosanan dan determinasi untuk berkembang. saya bosan dengan tempat dan dekorasi yang sama sehingga butuh perubahan. saya bosan dengan prinsip dan dogma yang kaku yang telah membatasi ruang gerak saya untuk mengeksplorasi dunia. saya memulai dengan berjalan-jalan, membaca buku,menulis hingga menonton film baru hanya untuk menyegarkan pikiran saya yang sudah jenuh. menurut saya itu pun tidak cukup. saya harus lebih mengenal orang-orang baru, komunitas baru dan berpengalaman di luar sana. apa pun bentuknya, sifat anti-sosial dan ekslusifisme sudah bukan menjadi bagian dari diri saya lagi.

Aneh memang saya memandang hidup ini. cukup lega karena sudah banyak teman yang mengatakannya terus terang kepada saya. tentu tanpa vonis apa pun. rasanya hidup ini terkadang harus dilihat dari sudut yang berbeda. tidak perlu melihat dunia hitam dan putih. tidak perlu melihat suatu kondisi negara hanya dari frame-work ketimpangan struktural miskin vs kaya semata. atau Jawa dan non-Jawa. atau Muslim dan non-muslim.

Yah kira-kira sama dengan menjawab penjumlahan 2+2 = 5. Aneh bukan?

One comment

  1. Hmmmm kalo sering gagal psikotes gw juga sama kok hahahaha. Tapi tenang ajah masih banyak kok perusahaan yang bisa nerima loe tanpa jalur psikotes. Kemarin gw keterima di Maverick coz disana gak ada psikotes hahahaha. Kalo gak pasti gw udah gagal duluan kaliiii



Leave a Reply

